Minggu, 13 November 2011

Individu,Keluarga, dan Masyarakat


1.1 Pengertian Individu
Individu merupakan unit terkecil pembentuk masyarakat Dalam ilmu sosial, individu berarti juga bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Sebagai contoh, suatu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak.Ayah merupakan individu dalam kelompok sosial tersebut, yang sudah tidak dapat dibagi lagi ke dalam satuan yang lebih kecil.
Pada dasarnya, setiap individu memiliki ciri-ciri yang berbeda. Individu yang saling bergabung akan membentuk kelompok atau masyarakat. Individu tersebut akan memiliki karakteristik yang sama dengan kelompok dimana dirinya bergabung.

1.2 Pengertian Keluarga
Keluarga berasal dari bahasa Sansekerta "kulawarga". Kata kula berarti "ras" dan warga yang berarti "anggota. Keluarga adalah lingkungan di mana terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.
Keluarga sebagai kelompok sosial terdiri dari sejumlah individu, memiliki hubungan antar individu, terdapat ikatan, kewajiban, tanggung jawab di antara individu tersebut
Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
Menurut Salvicion dan Celis (1998) di dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, di hidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan di dalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan
1.3 Pengertian Masyarakat
Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.
Menurut Syaikh Taqyuddin An-Nabhani, sekelompok manusia dapat dikatakan sebagai sebuah masyarakat apabila memiliki pemikiran, perasaan, serta sistem/aturan yang sama. Dengan kesamaan-kesamaan tersebut, manusia kemudian berinteraksi sesama mereka berdasarkan kemaslahatan.
Masyarakat sering diorganisasikan berdasarkan cara utamanya dalam bermata pencaharian. Pakar ilmu sosial mengidentifikasikan ada: masyarakat pemburu, masyarakat pastoral nomadis, masyarakat bercocoktanam, dan masyarakat agrikultural intensif, yang juga disebut masyarakat peradaban. Sebagian pakar menganggap masyarakat industri dan pasca-industri sebagai kelompok masyarakat yang terpisah dari masyarakat agrikultural tradisional.
Masyarakat dapat pula diorganisasikan berdasarkan struktur politiknya: berdasarkan urutan kompleksitas dan besar, terdapat masyarakat band, suku, chiefdom, dan masyarakat negara.
Kata society berasal dari bahasa latin, societas, yang berarti hubungan persahabatan dengan yang lain. Societas diturunkan dari kata socius yang berarti teman, sehingga arti society berhubungan erat dengan kata sosial. Secara implisit, kata society mengandung makna bahwa setiap anggotanya mempunyai perhatian dan kepentingan yang sama dalam mencapai tujuan bersama.
1.4 Individu Dalam Keluarga
Yang dimaksud dengan individu dalam keluarga disini adalah pemisahan penyusun-penyusun keluarga. Keluarga sudah barang tentu bnerasal atau tersusun dari individu-indvidu. Keluarga yang paling sederhana terdiri dari dua individu yaitu laki-laki sebagai ayah dan perempuan sebagai ibu. Sedangkan keluarga yang kompleks biasanaya memiliki lebih dari dua individu penyusun keluarga tersebut. Masing-masing individu mempunyai hak dan kewajiban yang berbeda. Ayah sebagai kepala keluarga berkewajiban bertanggung jawab penuh atas keluarganya dan mempunyai hak untuk dihormati dan tidak lupa untuk dihargai atas kerja kerasnya dalam berbagai hal untuk keluarganya. Ibu berkewajiban mendampingi sang ayah,mengurus aspek-aspek dalam rumah tangga berdua dengan sang ayah. Sedangkan anak berkewajiban patuh pada orang tuanya dan berhak mendapatkan kasih saying penuh dari kedua orang tuanya.
1.5 Individu Dalam Masyarakat
Masyarakat seperti halnya keluarga juga tersusun atas individu-individu dan juga tersusun atas keluarga-keluarga itu sendiri. Perbedaan yang ada pada individu inilah yang menyebabkan masyarakat seringkali terpecah menjadi beberapa bagian atau bahkan malah terpish sama sekali dari para penyusun-penyusun individunya. Jadi yang perlu diperhatikan oleh KETUA masyarakat adalah bagaimana mempersatukan para penyusun masyarakat ini dalam perbedaan tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar